Dalam rangka menjawab tantangan industri 4.0 yang serba canggih dan dituntut untuk kecepatan dalam pelayanan. Universitas Serang Raya (Unsera) mulai melakukan digitalisasi dalam meningkatkan fasilitas yang menunjang untuk tenaga pendidik dan mahasiswa berbasis smart city.

Maka dari itu, Unsera telah meresmikan fasilitas baru yakni Unsera Command Center (UCC) yang mulai beroperasi terhitung sejak diresmikannya fasilitas tersebut oleh ketua Yayasan Pendidikan Informatika (YPI) Serang, H. Mulya R. Rachmatoellah, Lc., M.Hum. pada hari Jum’at (9/11/2018), di Auditorium Universitas Serang Raya.

UCC sendiri merupakan fasilitas bagi kegiatan riset dosen dan mahasiswa untuk pengembangan perangkat lunak serta pengembangan aplikasi start-up yang dibimbing langsung oleh dosen yang memiliki kepakaran dalam bidang pengembangan aplikasi. “Kita ingin mengembangkan start-up, agar mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang siap jual.” Ujar Dr. Tb. Ai Munandar, MT selaku pengembang fasilitas UCC sekaligus Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Selain pusat untuk pengembangan aplikasi start-up baik bagi mahasiswa dan dosen, UCC yang berlokasi di lantai 3 gedung A Unsera tersebut digunakan sebagai media e-catalog, ketika stakeholders atau para pengguna lulusan, serta pihak pemerintahan yang ingin mengetahui produk yang telah dihasilkan baik oleh mahasiswa maupun dosen di lingkungan Fakultas Teknologi Informasi Unsera.

Bukan hanya itu, UCC akan digunakan sebagai knowledge sharing tentang teori dan teknologi terbaru di bidang IT dan untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam menyongsong revolusi industri 4.0 dengan fasilitas untuk pengembangan aplikasi dengan konsep Internet of Things (IoT). “Kita juga mengambil tagline #BringTechnologyForImmunity, artinya teknologi itu dipakai hanya untuk alat bantu.” Jelas Ai Munandar.

UCC ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas diantaranya perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi dengan Processor Core i7VR Gear Box untuk pengembangan aplikasi multimedia berbasis virtual reality yang saat ini memang sedang menjadi trend. Bukan hanya itu, UCC dilengkapi dengan internet kecepatan tinggi, Big Screen atau Video Wall dengan ukuran 8×3 meter, dengan fasilitas full multimedia. Selain itu terdapat dua buah ruang inovasi yang digunakan untuk pengembangan project dan diskusi oleh mahasiswa dan dosen.

Kepala Program Studi Informatika, Akip Suhendar M.Kom menyampaikan harapannya untuk UCC agar dapat meningkatkan kemampuan bagi mahasiswa dalam meningkatkan skill, serta menjadi fasilitas peningkatan minat dan jumlah riset dosen di lingkungan FTI Unsera. “Dengan adanya fasilitas ini diharapkan FTI Unsera menjadi pusat kajian perkembangan teknologi informasi terbaru, serta menjadi rujukan bagi para pelaku industry, akademisi, pemerintahan dan masyarakat pada umumnya.” Ungkapnya. (LPM Wisma/Wid)

Sumber : http://www.lpmwisma.com/2018/11/09/unsera-command-center-fasilitas-canggih-penunjang-era-industri-4-0/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *