Tim PKM FTI UNSERA Klaster 1 Gelar Rapat Persiapan PKM Kolaborasi

Sejumlah tim dosen dari tiga perguruan tinggi swasta di Propinsi Banten yang tergabung dalam Jejaring Program Pengabdian Pengembangan Potensi Masyarakat (JP4M) mengadakan pertemuan untuk membahasa teknis dan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaborasi. Rapat persiapan di laksanakan pada 23 Juli 2020 bertempat di Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Mathla’ul Anwar.

Hadir pada rapat persiapan Dekan FTI Universitas Mathla’ul Anwar Banten dan juga Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya sekaligus sebagai Koordinator kegiatan PKM Kolaborasi. Pada rapat bersama ini pembahasan terkait topik PKM, teknik PKM, materi yang akan disampaikan serta lokasi pelaksanaan disepakati. Selain itu kegiatan yang bersifat kolaborasi antar perguruan tinggi ini juga membahas instrumen yang nanti akan digunakan pada saat pelaksanaan PKM, pembagian tugas, teknis pengurusan ijin kegiatan serta persiapan lainnya.

Pada kegiatan PKM Klaster ini, tema besar yang diusung adalah Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Sistem Daring Untuk Sekolah Tingkat Menengah Atas Sederajat di  Kabupaten Pandeglang. Pengambilan tema besar ini tentu saja dengan melihat kondisi saat ini yang tengah dilanda pandemi COVID-19 dimana pemerintah beserta jajaran terkait sedang mencari solusi alternatif model pembelajaran yang dipandang efektif. Namun praktik di lapangan, masih banyak sekolah atau lembaga pendidikan yang belum siap, khususnya jika harus mengimplementasikan model pembelajaran daring.

Kegiatan PKM nantinya diharapkan mampu menjembatani gap ketidakpahaman sekolah dalam mengimplementasikan sistem pembelajaran daring, baik dari segi model, infarstruktur yang harus disiapkan, sumber daya, pemilihan learning management system sampai dengan bagaimana menata kelola fitur sistem pembelajaran daring. Pada kegiatan PKM Klaster 1 ini tergabung tiga perguruan tinggi swasta di wilayah Propinsi Banten, yakni Universitas Serang Raya, Universitas Mathla’ul Anwar Banten dan STTIKOM Insan Unggul Cilegon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *